Ekspor CPO naik 3,7% jadi 1,2 juta ton

May 20th, 2009 by agroindustri

Selasa, 19/05/2009 13:22 WIB
oleh : Sepudin Zuhri

JAKARTA  bisnis.com): Volume ekspor minyak kelapa sawit mentah (CPO) selama April tahun ini mencapai 1,219 juta ton, naik 3,68% dibandingkan bulan sebelumnya 1,175 juta ton.

Total volume ekspor periode Januari-April tahun ini turun 0,8% menjadi 4,60 juta ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 4,64 juta ton.

Kepala Bidang Pemasaran Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Susanto mengatakan saat ini harga minyak sawit terkoreksi yang disebabkan aksi spekulasi, tetapi hanya berlangsung sementara karena produksi komoditas itu di Indonesia dan Malaysia belum naik secara signifikan.

“Posisi supply and demand vegetable oil dunia masih tidak banyak berubah, sama seperti pada April dan awal bulan ini,” ujarnya kepada Bisnis hari ini. Harga minyak sawit pada perdagangan lokal mengalami koreksi tipis dengan penurunan 4,15% menjadi Rp8.310 per kg dari sebelumnya Rp8.670 per kg pada lelang di Kantor Pemasaran Bersama (KPB) PT Perkebunan Nusantara.

Dia menuturkan data resmi dari Malaysia Palm Oil Board (MPOB), stok CPO Malaysia akhir April hanya 1,295 juta ton berada di bawah stok psikologis pasar yang normal yaitu 1,5-1,6 juta ton.

Produksi kedelai, kata dia, belum mengalami perubahan terutama Argentina masih jauh dari estimasi sebelumnya, sedangkan produksi kedelai di Amerika Serikat hanya ada sedikit perbaikan, tetapi belum mempengaruhi pasar.

Menurut Susanto, permintaan minyak sawit dari India dan China masih cukup kuat. “Estimasi kami harga saat ini sampai Juni masih berkisar RM2600-RM2800 per ton atau US$700-US$800 per ton di CIF Rotterdam.”

Dia menjelaskan harga CPO di dalam negeri berkisar Rp8.000-Rp9.000 per kg, sudah mencakup PPn FOB Belawan dan Dumai. Adapun, harga Tandan Buah Segar (TBS) petani berkisar Rp1.400-1.600 per kg di Sumatra, sedangkan Rp 1.100-Rp1300 per kg di Kalimantan, tergantung kualitas dan lokasi kebun ke pabrik. Kondisi perkembangan harga minyak sawit, lanjutnya, sampai dengan Juli tahun ini diperkirakan masih akan terus bergerak naik. (tw)

http://web.bisnis.com/sektor-riil/agribi…
© Copyright 1996-2009 PT Jurnalindo Aksara Grafika

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s