USAHA KERIPIK DARI BUAH DAN SAYUR

PROSPEK USAHA

Indonesia mempunyai tanah yang subur,  sebagian besar tanaman bisa tumbuh dengan subur, tumbuh suburnya tanaman menghasilkan buah dan sayur yang melimpah. Berlimpahnya buah dan sayur, membuat nilai nilai jual yang rendah bila langsung dijual untuk dikonsumsi langsung (hukum permintaan). Jika kita jeli kondisi ini menjadikan sebuah peluang usaha baru, dengan mengolah buah dan sayur tersebut menjadi sebuah produk makanan baru.
Salah satu produk makanan yang dibuat dari buah dan sayuran keripik buah dan keripik sayur.  Dengan diolah menjadi keripik,  nilai jual buah dan sayur bisa naik berlipat-lipat sebagai gambaran 1 kg keripik pepaya di Malang bisa seharga Rp 65.000. Sementara keripik salak seharga Rp 90.000 / kg.
Buah dan sayur yang sering dijadikan keripik diantaranya adalah: Nangka, Salak, Apel,  Mangga, Melon, Waluh (Labu), Pepaya, Wortel,
Kentang, Kacang Panjang, Terung,  Durian, Nanas dll.  Semua jenis buah dan sayuran tersebut dapat diperoleh dengan mudah dimana saja.  Kemudahan dalam memperoleh bahan baku menjadikan komoditi ini memiliki peluang yang cerah. Di samping  itu, proses pembuatan dan pengelolaan bisnis sangat mudah, perputaran modal cepat, dan terbukanya peluang eskport. Mesin produksi keripik buah dan sayur (vacuum frying) pun mudah diperoleh mulai dari kapasitas 1,5 kg hingga 50 kg per proses.

Sumber gambar : http://sehatmusehatku.files.wordpress.com; http://kripikbuah.blogdetik.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s